Jalan Poros Masih Prioritas Musrenbang Batu Ampar

By Administrator // Jumat, 14 Februari 2020 // 06:33 WIB // BERITA DEWAN

BATU AMPAR, Tahapan perencanaan pembangunan terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, kali ini giliran Kecamatan Batu Ampar menjadi lokasi kelima pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).
Salah satu urusan pembangunan yang sering muncul dalam kegiatan Musrenbang adalah pembangunan jalan poros.

“Kurang lebih ratusan kilometer jalan poros yang mesti dibangun, karena yang saya tahu dari kantor camat ini ke Kecamatan Batu Ampar saja jaraknya 48 kilometer dengan kondisi jalan yang masih cukup memprihatinkan,” ujar Agus Sudarmansyah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kubu Raya pada acara Musrenbang, Kamis (13/2) di Aula Kantor Camat Batu Ampar.

Pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Batu Ampar ini selain dihadiri Agus, juga beberapa rekan anggota DPRD lainnya seperti Teguh Wibowo dan m. Amri. Selain itu juga hadir Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Camat Batu Ampar dan semua kepala desa di wilayah Kecamatan Batu Ampar.

Menurut Agus, jalan di Kecamatan Batu Ampar yang ada saat ini masih merupakan jalan lingkungan dengan lebar kisaran 1,5 meter, namun dia memaklumi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kubu Raya masih terbatas dengan banyaknya daerah yang harus tetap diperhatikan.

“Harapannya, Bupati bisa menemukan formulasi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan jalan poros di Kecamatan Batu Ampar ini,” ucapnya sembari 
mencontohkan misalnya saja dengan mengalokasikan dana pembangunan jalan poros lebih besar dari anggaran pembelanjaan lainnya. 
Agus juga berharap pembangunan kali ini tidak terjadi overlap atau tumpang tindih dalam perencanaan program dan pelaksanaan kegiatan, kewenangan pemerintah desa dan kewenangan pemerintah kabupaten harus dilaksanakan sesuai porsi masing-masing.

“Agar program percepatan pembangunan kecamatan Batu Ampar berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat,” tukasnya.
Pada kesempatan itu, legislator PDI Perjuangan ini mengungkapkan bahwa DPRD Kabupaten Kubu Raya telah memasukkan rencana pemekaran sejumlah kecamatan dalam agenda Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kabupaten Kubu Raya, salah satu diantaranya adalah Kecamatan Batu Ampar.

“Semoga bisa segera terlaksana, kalaupun belum bisa tahun 2020 ini kita masukkan kembali pada tahun 2021,” pungkasnya. (fir)

Share Post: